Image and video hosting by TinyPic
relojes para web free clock for website
KOMENTAR & SARAN
Profil Perpustakaan
Selasa, 22 Juni 2010

A. Latar Belakang

Perpustakaan sekolah merupakan salah satu sumber belajar dalam mendukung pencapaian hasil belajar siswa yang berkualitas. Sebagai sumber belajar keberadaan perpustakaan sekolah sangat dibutuhkan para pendidik dan tenaga kependidikan, serta peserta didik untuk memperluas dan memperdalam pengetahuannya.

Oleh karena itu, tujuan keberadaan perpustakaan sekolah yang utama adalah untuk menunjang proses belajar mengajar di sekolah. Disamping itu juga untuk menumbuhkembangkan minat, kemampuan, dan kebiasaan membaca, memanfaatkan bacaan sebagai sumber informasi, memupuk daya kritik serta menyumbangkan kegemaran pribadi melalui bacaan.

Berkaitan dengan hal tersebut, maka perlu adanya perhatian khusus dari seluruh Stakeholder Pendidikan, terutama para penyusun/pengambil kebijaksanaan. Dalam hal ini Kepala Satuan Pendidikan maupun kepala instansi/ dinas pendidikan dapat mengembangkan perpustakaan sekolah. Oleh karena itu, segenap keluarga besar SMA Negeri 1 Banjar, Buleleng melalui para pengelola perpustakaan sekolah berusaha untuk mengelola selanjutnya mengembangkan perpustakaan SMAN 1 Banjar secara maksimal sesuai dengan visi dan misinya.


B. Sejarah Perpustakaan SMA Negeri 1 Banjar, Buleleng

Secara de facto dan de yure SMA Negeri 1 Banjar berdiri pada tanggal 23 Agustus 1993. Namun, pada saat pembangunan unit gedung baru (UGB) SMAN 1 Banjar, belum dilengkapi dengan pembangunan gedung perpustakaan. Gedung perpustakaan SMA Negeri 1 Banjar sebagai bagian dari keberadaan SMA Negeri 1 Banjar berdiri pada tahun 1999 yang terletak disebelah timur bagian tenga
h dari keseluruhan gedung SMAN 1 Banjar.
Sejak berdirinya gedung perpustakaan SMAN 1 Banjar, maka bebagai sumber belajar, seperti buku paket, alat peraga, dan media pembelajaran lainnya mulai ditata sesuai dengan funsi dan tujuannya. Penataan terus dilakukan, baik berkaitan dengan ruangan maupun sarana prasarana pendukung secara berkelanjutan. Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan perbendaharaan koleksi buku dan pelayanan kepada warga sekolah.
  1. Hadirnya gedung perpustakaan SMAN 1 Banjar merupakan sebuah tantangan sekaligus peluang dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan pembelajaran di SMAN 1 Banjar. Penataan dilakukan secara berkelanjutan dengan berbagai kreativitas, seperti penataan area dalam ruangan perpustakaan yang meliputi:
(1) Area lesehan, terdiri dari a) Kolekasi buku referensi dan Kamus, b) Audio Visual, c) Meja Baca Lesehan,
(2) Area Koleksi dan ruang baca, (3) Area Kerja dan Ruang Sirkulasi, (4) Area Baca Klasikal (meja lingkar), dan (5) Area fasilitas internet dan printer.

Pada tahun pelajaran 2009/2010, perpustakaan SMA Negeri 1 Banjar dikelola oleh 4 orang, yang terdiri dari 1 kepala perpustakaan dan 3 staf. Dengan motto Berkarya Dan Berkreasi Untuk Prestasi Dan Prestise, maka seluruh pengelola perpustakaan bertekad untuk meningkatkan pelayanan kepada seluruh warga sekolah dalam mewujudkan visi dan misi sekolah.


C. Visi Dan Misi Perpustakaan
Visi

Terwujudnya perpustakaan yang representatif sebagai penyedia informasi ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan agama.

Misi

1. Memberikan layanan yang ramah, tegas, tertib dan tangkas

2. Penerapan teknologi informasi yang pada intinya bertumpu pada konsep otomatisasi

3. Menjadikan perpustakaan sebagai jantungnya pendidikan sekolah

4. Meningkatkan kerjasama (resources sharing) dengan perpustakaan dan pusat informasi lain.

Label:

posted by admin @ 15.55  
1 Comments:

Poskan Komentar

<< Home
 
Kepala Sekolah
Photobucket  
Berita Terkini
Dokumen
Rujukan
© SMAN 1 BANJAR, BULELENG Blogger Templates by ICT Team