STANDAR KOMPETENSI DAN KOMPETENSI DASAR MUATAN LOKAL Mata Pelajaran Budi Pekerti
Kelas X Semester 1
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | 1. Meyakini adanya Tuhan Yang Maha Esa
| Keyakinan kepada Tuhan Yang Maha Esa 1. Pengertian Tuhan Yang Maha Esa 2. Landasan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa 3. Alasan percaya dan takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa 4. Pengamalan nilai-nilai ketuhanan Yang Maha Esa
| 2. Memahami potensi diri
| Potensi diri A. Makna potensi diri 1. Pengertian potensi diri 2. Macam-macam potensi diri 3. Disiplin diri B. Mengembangkan potensi 1. Pengenalan dan pengukuran potensi diri 2. Hambatan dalam pengembangan potensi diri 3. Menampilkan diri yang memiliki harga diri
|
3. Memiliki Prestasi diri | Prestasi diri 1. Pengertian prestasi 2. Pengembangan potensi diri 3. Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar 4. Nilai budi pekerti dari prestasi diri
|
|
4. Memiliki rasa kebersamaan dan gotong-royong | Gotong-royong 1. Pengertian gotong-royong 2. Alasan dilaksanakannya gotong royong 3. Manfaat dan nilai-nilai moral prinsip gotong royong dalam masyarakat 4. Pengamalan azas gotong-royong dalam berbagai kehidupan
|
5. Memiliki rasa ikut melestarikan lingkungan hidup
| Pelestarian lingkungan hidup 1. Mengklasifikasikan sumber daya alam 2. Permasalahan sumber daya alam 3. Pelestarian lingkungan hidup 4. Tuntunan tingkah laku dalam menumbuhkan nilai ikut melestarikan lingkungan hidup
|
Kelas X Semester 2
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | 6. Mentaati ajaran agama
| Taat dan patuh terhadap ajaran agama 1. Pengertian taat dan patuh 2. Ajaran agama sesuai wahyu Tuhan 3. Kerjasama antar umat beragama 4. Menampilkan diri sebagai umat yang taat dan patuh terhadap ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
| 7. Memiliki rasa malu | Rasa malu 1. Pengertian rasa malu 2. Faktor-faktor penyebab rasa malu 3. Cara untuk mengatasi rasa malu 4. Menumbuhkan rasa percaya diri
| 8. Memiliki rasa kesetiakawanan
| Kesetiakawanan 1. Kewajiban pemeliharaan fakir miskin dan anak terlantar sebagai wujud kesetiakawanan 2. Pemeliharaan fakir miskin sebagai wujud keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia 3. Tuntunan tingkah laku dalam memelihara fakir miskin dan anak terlantar
| 9. Menjunjung tinggi nilai
| Nilai 1. Pengertian nilai 2. Macam-macam nilai 3. Ciri-ciri nilai 4. Fungsi nilai
| 10. Pemanfaatan sumber daya alam berkelanjutan | Pemanfaatan Sumber Daya Alam ( SDA ) 1. Pengertian sumber daya alam 2. Penggolongan sumber daya alam 3. Pemanfaatan sumber daya alam 4. Tuntunan tingkah laku dalam menumbuhkan nilai pemanfaatan sumber daya alam
|
Kelas XI Semester 1 |
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | 1. Memiliki rasa toleransi | Tolerasi 1. Pengertian toleransi 2. Landasan toleransi kehidupan beragama 3. Manfaat dalam kehidupan bertoleransi 4. Menampilkan nilai moral toleransi umat beragama dalam kehidupan sehari-hari
| 2. Memiliki rasa keterbukaan | Keterbukaan 1. Pengertian keterbukaan 2. Ciri-ciri keterbukaan 3. Era keterbukaan 4. Akibat dari tidak adanya keterbukaan
| 3. Memiliki tata karma
| Tata Krama 1. Pengertian tata krama 2. Tata krama dalam kehidupan sehari-hari 3. Tuntunan tingkah laku dalam bertata karma
| 4. Memiliki rasa menjunjung tinggi norma | Norma 1. Pengertian norma 2. Macam-macam norma 3. Tuntunan tingkah laku dalam menjunjung tinggi norma dalam kehidupan
| 5. Menunjukan prilaku kerukunan
| Kerukunan 1. Makna kerukunan 2. Kerukunan hidup beragama 3. Makna dan hikmah 4. Menampilkan nilai budi pekerti kerukunan hidup beragama
|
Kelas XI semester 2
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | 6. Mentaati ajaran agama
| Taat dan patuh terhadap ajaran agama 1. Pengertian taat dan patuh 2. Ajaran agama sesuai wahyu Tuhan 3. Kerjasama antar umat beragama 4. Menampilkan diri sebagai umat yang taat dan patuh terhadap ajaran agama dalam kehidupan sehari-hari
|
7. Memiliki rasa malu | Rasa malu 1. Pengertian rasa malu 2. Faktor-faktor penyebab rasa malu 3. Cara untuk mengatasi rasa malu 4. Menumbuhkan rasa percaya diri
|
8. Memiliki rasa kesetiakawanan
| Kesetiakawanan 1. Kewajiban pemeliharaan fakir miskin dan anak terlantar sebagai wujud kesetiakawanan 2. Pemeliharaan fakir miskin sebagai wujud keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia 3. Tuntunan tingkah laku dalam memelihara fakir miskin dan anak terlantar
|
9. Menjunjung tinggi nilai
| Nilai 1. Pengertian nilai 2. Macam-macam nilai 3. Ciri-ciri nilai 4. Fungsi nilai
|
10. Pemanfaatan sumber daya alam berkelanjutan | Pemanfaatan Sumber Daya Alam ( SDA ) 1. Pengertian sumber daya alam 2. Penggolongan sumber daya alam 3. Pemanfaatan sumber daya alam 4. Tuntunan tingkah laku dalam menumbuhkan nilai pemanfaatan sumber daya alam
|
Kelas XI Semester 1
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | 1. Memiliki rasa toleransi | Tolerasi 1. Pengertian toleransi 2. Landasan toleransi kehidupan beragama 3. Manfaat dalam kehidupan bertoleransi 4. Menampilkan nilai moral toleransi umat beragama dalam kehidupan sehari-hari
|
2. Memiliki rasa keterbukaan | Keterbukaan 1. Pengertian keterbukaan 2. Ciri-ciri keterbukaan 3. Era keterbukaan 4. Akibat dari tidak adanya keterbukaan
|
3. Memiliki tata karma | Tata Krama 1. Pengertian tata krama 2. Tata krama dalam kehidupan sehari-hari 3. Tuntunan tingkah laku dalam bertata karma
|
4. Memiliki rasa menjunjung tinggi norma | Norma 1. Pengertian norma 2. Macam-macam norma 3. Tuntunan tingkah laku dalam menjunjung tinggi norma dalam kehidupan
|
5. Menunjukan prilaku kerukunan
| Kerukunan 1. Makna kerukunan 2. Kerukunan hidup beragama 3. Makna dan hikmah 4. Menampilkan nilai budi pekerti kerukunan hidup beragama
|
Kelas XI Semester 2
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | 6. Menunjukkan pengendalian diri | Pengendalian diri 1. Pengertian pengendalian diri 2. Sifat dominan manusia untuk individu dan sosial 3. Hubungan manusia dengan masyarakat 4. Tujuan keterbukaan terhadap pendirian atau pendapat orang lain
|
7. Memiliki rasa kasih saying | Kasih sayang 1. Makna kasih sayang 2. Kasih sayang dalam keluarga 3. Kasih sayang dalam kehidupan bertetangga
|
8. Memiliki rasa mentaati hukum | Hukum 1. Pengertian hukum 2. Unsur-unsur dari hukum 3. Ciri-ciri hukum 4. Sadar hukum 5. Menunjukan prilaku taat hukum
|
9. Memiliki rasa ikut mencegah kerusakan llingkungan | Mencegah kerusakan lingkungan 1. Prinsip dalam pencegahan kerusakan lingkungan 2. Pengguna ulangan dan pendaur ulangan 3. Etika lingkungan 4. Tuntunan tingkah laku dalam menumbuhkan nilai ikut aktif mencegah kerusakan lingkungan
|
10. Menghargai musyawarah
| Musyawarah 1. Pengertian musyawarah 2. Unsur-unsur musyawarah 3. Prinsip-prinsip musyawarah 4. Nilai-nilai yang terkandung dalam musyawarah
|
Kelas XII Semester 1
|
STANDAR KOMPETENSI | KOMPETENSI DASAR | 1. Memiliki jiwa tolong menolong
| Tolong menolong 1. Pengertian tolong menolong 2. Macam macam kegiatan tolong menolong dalam kehidupan warga masyarakat 3. Manfaat tolong menolong 4. Motivasi dari adanya tolong menolong 5. Tuntunan tingkah laku dalam tolong menolong |
Label: ktsp, muatan
|
Posting Komentar