Image and video hosting by TinyPic
relojes para web free clock for website
KOMENTAR & SARAN
JUARA I LKTI-PANGAN DI UNUD
Kamis, 25 November 2010

SARI BUAH LABU SIAM PANDAN WANGI DAN JAHE:

ANTARKAN TIM KPKT SMAN 1 BANJAR

JUARA I LKTI-PANGAN DI UNUD

Sebuah ajang kompetisi karya tulis ilmiah (LKTI) pangan digelar Fakultas Teknologi Pertanian Unud tahun 2010. Oleh kelompok penggemar karya tulis (KPKT) SMAN 1 Banjar, even ini tidak disia-siakan. Bermodalkan semangat dan motivasi kuat didukung dengan pembina yang berdedikasi, KPKT SMAN 1 Banjar akhirnya, mampu mewujudkan karya tulis ilmiah. Karya yang bertajuk “Perbedaan Kualitas Sari Buah Labu Siam Pandan Wangi dan Jahe (Eksperimen untuk Meningkatkan Nilai Tambah Buah Labu Siam)” ini, diikutkan dalam kompetisi tersebut.

Karya ini dilatarbelakangi adanya fakta bahwa pemanfaatan buah labu siam sangat minim di kalangan masyarakat. Padahal, kandungan gizi buah labu siam (Sechium edule) sangat bermanfaat untuk kesehatan. Labu siam mempunyai kegunaan sebagai penurun tekanan darah, mempunyai efek diuretik, dapat menyembuhkan gangguan sariawan, panas dalam, demam pada anak-anak serta baik digunakan oleh penderita asam urat dan diabetes mellitus. Dengan melakukan sentuhan kreativitas, maka dibuatlah sari buah labu siam pandan wangi dan sari buah labu siam jahe. Melalui uji organoleptik ditemukan sari buah mana yang lebih disukai masyarakat.

Hasil karya Tim KPKT SMAN 1 Banjar, yang terdiri dari Ni Kadek Ayu Anggraeni, Ketut Novia Dewi, dan Gusti Ayu Praminatih, ternyata ditetapkan sebagai juara I pada ajang LKTI-Pangan tanggal 2 Oktober 2010. Walaupun keikutsertaan Tim KPKT SMAN 1 Banjar yang dibimbing oleh Gede Putra Adnyana, merupakan yang pertama kalinya, namun sudah mampu unjuk gigi sebagai salah satu sekolah yang patut diperhitungkan dalam ajang LKTI. Dengan hasil ini, maka Tim KPKT SMAN 1 Banjar, berhak atas piala bergilir Gubernur Bali, piala tetap Rektor Unud, uang pembinaan dan piagam penghargaan. Hasil ini tentu merupakan awal yang mulia untuk memicu dan memacu prestasi SMAN 1 Banjar. (gpa-smansabar)

Label:

posted by admin @ 17.29  
0 Comments:

Posting Komentar

<< Home
 
Kepala Sekolah
Photobucket  
Berita Terkini
Dokumen
Rujukan
© SMAN 1 BANJAR, BULELENG Blogger Templates by ICT Team