Image and video hosting by TinyPic
relojes para web free clock for website
KOMENTAR & SARAN
Simulasi Penerapan Model Pembelajaran
Rabu, 19 Oktober 2011

Pada hari Rabu, 19 Oktober 2011 bertempat di ruang guru diadakan simulasi tentang penerapan model pembelajaran dalam rangka meningkatkan kualitan pembelajaran di SMA Negeri 1 Banjar.

Setiap pengajar dituntut untuk meguasai berbagai kemampuan sebagai pengajar profesional dalam bidangnya. Peran pengajar dalam kegiatan pembelajaran bukan sekedar menjalankan proses pembelajaran secara teknis mekanis menurut ketentuan-ketentuan yang ada. Guru adalah orang yang bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya. Dalam melaksanakan pekerjaannya ia tidak bergantung pada tugas itu sendiri, tetapi bergantung pula pada wawasan kependidikan yang dimilikinya. Wawasan kependidikan pengajar pada hakikatnya menunjuk pada cara seorang pengajar melihat dirinya dan tugas-tugasnya yang bersumber pada pandangan hidup yang dimilikinya. Termasuk di dalam memilih model-model pembelajaran yang diterapkan di dalam kelas guna meningkatkan proses dan hasil belajar siswa. Semoga dengan adanya acara ini guru pendidik memiliki sedikit tambahan wawasan dalam menyampaikan model pembelajaran di dalam kelas. Demikian kata sambutan yang dibawakan oleh kepala sekolah dalam membuka acara ini.

Berangkat dari model pembelajaran yang diterapkan oleh sebagian besar guru kurang begitu efektif, yang sebagian besar menggunakan metode ceramah, maka pada kesempatan ini diadakan simulasi model-model pembelajaran. Artinya penyaji memberikan penjelasan tentang model pembelajaran, yang dilanjutkan dengan simulasi pembelajaran yaitu guru yang lain sebagai peserta didik.

Pada kesempatan pertama Drs. Made Suasa, membawakan materi model pembelajaran tipe jigsaw. Pada model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw, terdapat kelompok asal dan kelompok ahli. Kelompok asal yaitu kelompok induk siswa yang beranggotakan siswa dengan kemampuan, asal, dan latar belakang keluarga yang beragam. Kelompok asal merupakan gabungan dari beberapa ahli. Kelompok ahli yaitu kelompok siswa yang terdiri dari anggota kelompok asal yang berbeda yang ditugaskan untuk mempelajari dan mendalami topik tertentu dan menyelesaikan tugas-tugas yang berhubungan dengan topiknya untuk kemudian dijelaskan kepada anggota kelompok asal.

Kemudian penyaji kedua adalah I Nyoman suitadana, S.Pd yang membawakan model pembelajaran tipe STAD. Model cooperative learning sistem STAD merupakan salah satu tipe cooperative learning yang bertujuan mendorong siswa berdiskusi, saling bantu menyelesaikan tugas, menguasai dan pada akhirnya menerapkan keterampilan yang diberikan. Anggota tim menggunakan lembar kegiatan atau perangkat pembelajaran yang lain untuk menuntaskan materi pelajarannya dan kemudian saling membantu satu sama lain untuk memahami bahan pelajaran melalui tutorial, kuis, satu sama lain dan atau berdiskusi. Secara individual tiap minggu atau tiap dua minggu siswa diberi kuis. Kuis itu diskor dan tiap individu diberi skor perkembangan. Skor perkembangan ini tidak berdasarkan pada skor mutlak siswa, tapi pada seberapa jauh skor itu melampaui rata-rata skor yang lalu.

Dalam metode ini, kata dia, siswa ditempatkan dalam tim belajar beranggotakan empat atau lima orang yang merupakan campuran menurut tingkat prestasi, jenis kelamin, dan suku. Guru menyajikan pelajaran, siswa bekerja dalam tim mereka untuk memastikan seluruh anggota tim telah menguasai pelajaran tersebut. Seluruh siswa diberikan kuis tentang materi itu.
Saat belajar berkelompok, siswa saling membantu untuk menuntaskan materi yang dipelajari. Guru memantau dan mengelilingi tiap kelompok untuk melihat adanya kemungkinan siswa yang memerlukan bantuan guru. Metode ini pun dibantu oleh metode pelatihan, penugasan, dan tanya jawab sesuai satuan pelajaran sehingga ketuntasan materi dapat terwujud.

Penyaji ketiga adalah I Ketut Siumum yang menyampaikan model pembelajaran group investigasi (GI). Pada model GI ini siswa diberika kebebasan dalam memilih topik secara mandiri. Disini siswa harus memiliki tanggungjawab secara personal dan sosial dalam kelompok.


Label:

posted by admin @ 12.40  
0 Comments:

Poskan Komentar

<< Home
 
Kepala Sekolah
Photobucket  
Berita Terkini
Dokumen
Rujukan
© SMAN 1 BANJAR, BULELENG Blogger Templates by ICT Team