Image and video hosting by TinyPic
relojes para web free clock for website
KOMENTAR & SARAN
SMAN 1 BANJAR: Berinovasi demi Prestasi
Jumat, 03 September 2010
Senin, 23 Agustus 2010, usia SMAN 1 Banjar, Buleleng, tepat 18 tahun. Di usia relatif muda serta letaknya yang jauh dari pusat kota adalah tantangan sekaligus peluang. Tantangan utama adalah tenaga guru dan pegawai serta fasilitas pendukung pembelajaran lainnya masih kurang. Sedangkan peluangnya yaitu, dengan usia muda maka  ada potensi besar membentuk sistem pengelolaan pendidikan yang kondusif, produktif, kreatif, dan inovatif.  Karena, membentuk sistem pengelolaan dan budaya sekolah relatif lebih mudah ketimbang mengubahnya.

Potensi inilah, yang selanjutnya oleh semua warga SMAN 1 Banjar, dijadikan modal berinovasi demi prestasi. Sangat disadari, bahwa untuk berinovasi haruslah akrab dengan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi infromasi, dan komunikasi. Agaknya, dari titik inilah percepatan kualitas pendidikan di SMAN 1 Banjar yang beralamat di Desa Banyuatis, Kecamatan Banjar, Kabupaten Bueleng,  digerakkan dan diarahkan. Salah satu indikatornya adalah kepemilikan laptop sebagai fasilitas utama pendukung teknologi informasi dan komunikasi. 

Kepala SMAN 1 Banjar, Drs. I Made Ngawi yang baru menjabat sekitar 6 bulan, menyebutkan bahwa terdapat 35 dari 37 guru (95%) telah mempunyai laptop. Dari kondisi ini, selanjutnya dirancang berbagai program inovatif, seperti penyusunan rencana kegiatan pembelajaran (RKB) berbasis file, laporan kegiatan pembelajaran (LKP) berbasis file, menyusun dan mengimplementasikan media presentasi pembelajaran (MPP) dengan powerpoint, meningkatkan kemampuan akses internet, serta pembuatan blog guru. Sampai, saat ini, ada sekitar 25% guru SMAN 1 Banjar telah  memiliki blog dan selalu di-update. Sungguh merupakan awal yang mulia untuk memulai inovasi demi prestasi.

Upaya meningkatkan mutu pendidikan di SMAN 1 Banjar, tidak hanya diarahkan kepada guru semata, tetapi juga siswa. Pada konteks inilah, maka dilakukan kegiatan sosialisasi ke SMP terdekat, tentang keberadaan dan pengelolaan SMAN 1 Banjar. Langkah ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas intake, sehingga secara tidak langsung meningkatkan daya saing. Sosialisasi dilakukan oleh tim yang dibentuk berdasarkan keputusan kepala sekolah, dengan tujuan meningkatkan motivasi siswa untuk studi di SMAN 1 Banjar. Agaknya, langkah ini menuai hasil, karena dari tahun ke tahun animo masyarakat untuk menyekolahkan anaknya di SMAN 1 Banjar semakin meningkat.

Berbagai program berkaitan dengan peningkatan motivasi dan kemampuan siswa berkompetisi semakin intensif dilakukan, diantaranya pelaksanaan tes potensi akademik diawal tahun pelajaran sebagai dasar menyusun kelas dan melaksanakan tes prestasi akademik setiap tiga bulan. Tes prestasi ini terdiri dari tiga jenis, yaitu tes kemampuan dasar (TKD), tes kemampuan IPA (TK-IPA), dan tes kemampuan IPS (TK-IPS). Hasil tes ini digunakan sebagai dasar perekrutan siswa yang tergabung dalam tim olimpiade sekolah (TOS), orientasi penjurusan, dan refleksi bagi guru dan siswa terhadap kualitas proses dan hasil belajar. Program lain yang juga tidak kalah greget, adanya mutasi siswa setiap semester berdasarkan hasil tes prestasi akademik. Semua program ini dihadirkan dan laksanakan berorientasi kepada visi SMAN 1 Banjar, yaitu mewujudkan insan berbudi pekerti luhur dan berprestasi berlandaskan Tri Hita Karana.

Walaupun lokasinya dipinggiran kota, ternyata prestasi SMAN 1 Banjar tidak serta merta terpinggirkan. Pada rentang 2009 – 2010, terdapat beberapa prestasi diantaranya, peraih the best teory dan juara II pada lomba olimpiade kimia SMA se-Bali di Undiksha Singaraja, juara I lomba membuat presentasi pembelajaran untuk guru SMA/SMK se-Bali, dan terakhir juara III lomba perpustakaan sekolah se-Bali. Tentu, masih banyak prestasi lainnya, bahkan pada tahun 2008, tercatat meraih juara I lomba menulis cerita pendek tingkat nasional dengan judul cerpen Misteri Daun Cengkeh. Deretan prestasi ini, selanjutnya dijadikan pemicu dan pemacu lahirnya prestasi lain dari warga SMAN 1 Banjar. Agaknya, momentum HUT kemerdekaan RI ke-65 dan SMAN 1 Banjar ke-18, sangat tepat dijadikan tonggak mengangkat prestasi dan prestise. Semoga. (gpa_smansabar)

 

DERETAN PRESTASI SISWA DAN GURU SMAN 1 BANJARTAHUN PELAJARAN 2009/2010

NO

JENIS LOMBA

PREDIKAT

TINGKAT

TAHUN

PESERTA

1

Olimpiade Kimia SMA

The Best Teory

Prop.Bali

2009/2010

Siswa

2

Olimpiade Kimia SMA

Juara II

Prop.Bali

2009/2010

Siswa

3

Lomba LKTI Kimia

JuaraIII

Prop. Bali

2009/2010

Siswa

4

Lomba IT

Juara I

Prop Bali

2009/2010

Guru

5

Lomba Lagu Pop Bali

Juara II

Kabupaten

2009/2010

Guru

6

Lomba Lagu Pop Bali

Juara Harapan I

Kabupaten

2009/2010

Guru

7

Lomba Lagu Pop Bali

Juara Harapan I

Kabupaten

2009/2010

Siswa

8

Lomba Lagu Pop Bali

Juara Harapan I

Kabupaten

2009/2010

Siswa

9

Lomba Darmawacana

Juara I

Kabupaten

2009/2010

Siswa

10

Lomba Darma Widya

Juara III

Kabupaten

2009/2010

Siswa

11

Lomba Pesantian

Juara II

Kabupaten

2009/2010

Siswa

12

LKIR SMA/SMK Se-Bali

Juara Harapan

Provinsi

2009/2010

Siswa

13

Lomba Perpustakaan Sekolah

Juara III

Provinsi

2009/2010

Sekolah

(gpa_smansabar)

Label:

posted by admin @ 10.52  
0 Comments:

Poskan Komentar

<< Home
 
Kepala Sekolah
Photobucket  
Berita Terkini
Dokumen
Rujukan
© SMAN 1 BANJAR, BULELENG Blogger Templates by ICT Team